DIY Mahar Pernikahan – Membuat Sendiri Dekorasi Mahar Pernikahan

Hallo….

Yes, aku lagi nggak punya cerita perjalanan. So, aku akan share DIY membuat atau menghias mahar pernikahan. Oh ya, ini ala-ala aku ya yang daya creativenya masih perlu diragukan, nyontek sana, nyonek sini, di modif dikit dan traalaaalaaaa…..

Ide membuat sendiri biar bisa menghemat pengeluaran. Sebelum membuat sendiri, tentunya kita pengennya nge costum ke orang yang super creative biar mahar pernikahan kita jadi wow dan unik. Browsing, ngintipin instagram, harganya berkisar RP 700.000 ke atas. So, bolehlah nyari tutorial di google dan pinterest tentang menghias mahar uang.

So, setelah itu ngintip-ngintip di tokopedia, nyari frame pigura box 3D, Bahan-bahan pembuatan scrapbook. Dengan membuat sendiri bisa menghemat 50% dibandingkan costum. Di bagian bawah akan aku share link dimana aku membeli bahan-bahan untuk DIY menghias mahar uang.

Nah… mahar DIY yang aku buat sendiri sebenarnya benar-benar simpel. Bahan dan alat-alat yang aku butuhin :

1. Mahar Uang dan Emas

Kebetulan untuk pernikahan kemaren, aku miminta mahar uang dan emas ke Yudi. Uang Rp 3.810 yang aku beli melalui Tokopedia dan Emas Antam. Berhubung nominal uangnya kecil maka carilah uang-uang kertas kuno dengan tujuan investasi (Uang lama itu mahal loh geng…. nilainya memang Rp 3.810 tapi harga belinya bisa 100 kali lipat lebih) Aku membandingkan harga antara uang kertas kuno dengan uang logam kuno, harga untuk uang kertas kuno lebih mahal yang artinya nilai investasinya juga lebih tinggi.

Kalian bisa beli uang Lama disini https://www.tokopedia.com/uang-lama. Terus pilih-pilih aja kalian butuh uang mahar kuno berapa sesuai kebutuhan kalian.

Kalau emas memang karena memang ingin belajar bagaimana berinvestasi bersama suami. Kebetulan kantor aku dekat dengan Antam… So, langsung beli digerainnya langsung. Kalo kalian butuh juga emas antam, juga yang aku tahu sepertinya bisa juga di beli di Pegadaian atau Kantor Pos.

2. Frame 3D

Frame 3D yang aku gunakan aku beli di Tokopedia juga. Sebenarnya frame ini banyak digunakan untuk pembuatan scrapbook, but we use it too as frame for mahar.

Kemaren aku pesan Frame disini https://www.tokopedia.com/savanamuriareal/bingkai-frame-pigura-box-3d-uk-luas-dlm-30×30-mahar-scrapbook-pop-up seharga Rp 53.000.

3. Dekorasi Daun

Untuk dedaunan aku membelinya lagi-lagi melalui Tokopedia, dan juga di Gramedia.

4. Dekorasi clay angka dan huruf, resin, bunga, chipword,

Pesan Clay angka(untuk tanggal nikah) dan huruf (untuk nama aku dan yudi)  https://www.tokopedia.com/bubblescrap/clay-angka-bahan-scrapbook & https://www.tokopedia.com/bubblescrap/clay-alfabeth-bahan-scrapbook-mahar

DSC_2285

Pesan Resin di https://www.tokopedia.com/bubblescrap/resin-15-bahan-scrapbook-mahar-frame harga Rp 12.000

Pesan Chipwood tulisan the wedding of di https://www.tokopedia.com/bubblescrap/chipword-bahan-scrapbook-mahar

Untuk bunga dan bahan scrapbook lain cek di https://www.tokopedia.com/bubblescrap yang mana bentuk hiasan seperti apa bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu.

5. Kertas untuk Background

Kertas background untuk alas atau dasar dari hiasan mahar yang akan aku gunakan. Untuk background aku memilih membeli dari tokopedia juga. Next kalo dapat link ny akan aku update lagi ya.

DSC_2268

6. Gunting, Lem, dan Penjepit

DSC_2291

Untuk lem aku lebih banyak langsung menggunakan lem fox stick karena aku khawatir jika menggunakan lem kertas daya tahannya kurang kuat. Kalo penjepit aku gunakan untuk memegang daun yang kecil sewaktu mengelem. Sebenarnya penjepit ini tidak penting-penting amat. Tidk pakai juga tidak apa-apa. Tapi jika material scrapbook kalian super  kecil wajib kita pakai penjepit rambut uban ini.

 

Nah…. Langsung masuk ke tahapan-tahapan pembuatannya

1. Buat konsep dikepala kalian apa desain yang kalian inginkan. Sebelum langsung di lem ke background frame, dicoba-coba mengkomposisikannya dulu saja. Nah Kebetulan uang lama yang aku gunakan berbentuk kertas. Uang lama kertas jika memiliki lipatan akan mengurangi nilai jual si uang. Makanya di scrapbook mahar ini uangnya sama sekali tidak aku lipat. Utuh. Seutuhnya. Bahkan masih ada plastiknya…. hahahahah

DSC_2293

2. Kalo Sudah pas dengan komposisi yang kalian mau, lanjut deh ke pengeleman.

DSC_2296

3. Ta…daaaaaaa……Jadi deh mahar pernikahan kita. Nggak perlu mahal. Meskipun hasilnya biasa tapi rasa kepuasan yang lebih akan kamu dapatkan jika kamu membuat dekorasi mahar pernikahan kamu sendiri.

 

Nah kalo ditotal berapa pengeluaran aku untuk membuat dekorasi mahar diatas : Rp 270.131 (Note. Harga belum termasuk harga pembelian uang kuno dan emas)

SELAMAT BERKREASI…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s