Backpacker Bangkok – Thailand PART 1

Habis baca Justin Timberlake speech, setelah dia menerima Teen Choice Award :

  1. champ said this: don’t count the days, make the days count.
  2. service to others is the rent you pay for your room here on earth, so be generous, be kind, be fair. It’s not just the right thing to do.
  3. impossible is just a word thrown around by small men who find it easier to live in the world they’ve been given than to explore the power they have to change it. Impossible is not a fact. It’s an opinion. Impossible is potential. Impossible is temporary. Impossible is nothing.

Setelah membaca apa yang dikatakan Justin Timberlake, try again untuk ngisi blog….whahahahah…. terlalu banyak kata malas di kamusku. Kayaknya perlu di control+F (find) terus di replace, atau control+ (R)replace kata malas menjadi DO IT NOW!!!!.

Aku melanjurkan ceritaku mengenai backpacker di tiga negara…

6 mei 2016 – HARI 6

Pagi itu kami akan berangkat menuju bangkok jam 08.00 am.Kami menggunakan bus nattakan dengan booking via https://bookmebus.com/ dengan harga 28 USD/orang plus 1 USD untuk biaya administrasi. Booking via https://bookmebus.com/ menggunakan kartu kredit ya guys. Untungnya yono sudah punya, jadi kami tidak terlalu kesulitan dalam pembayarannya. Ada satu momen yang sangat tidak diinginkan saat itu. Jadi sudah jam 07.30 an. Tapi kami belum dijemput juga (ada fasilitas jemputan bus). Kami putuskan untuk naik tuktuk menuju pool bus nattakan 2 USD untuk 4 orang. Tapi rupanya ada kesalahpahaman antara kami dengan pengemudi tuktuk. Kami diantarkan ke outlet Nattakan yang lumayan jauh dari penginapan kami. Sesampai disana, kondisi tidak ada bis. Pengemudi tuktuk juga bingung, jadi kami mengambil inisiatif agar pengemudi tuktuk mengikuti arahan kami (lihat rute via GPS) untuk mengantarkan kami ke nattakan bus station yang sebenarnya kalo kami mau jalan dari penginapan sekitar 10 menit. Oh God…… deg deg an banget, karena tentunya nggak mau ketinggalan bus, nggak mau ngeluarin duit percuma karena telat ke bus station.

peta nattakan

Dari Hak’s House ke Nattakan Bus station

Nah…. diatas itu rute menuju Nattakun Bus station dari penginapan. Dan bagian diatasnya lagi itu adalah The Muslim Family Kitchen (Rumah makan halal)—-aku rekomendasiin tempat makan itu buat kalian. hahahhaha

Ok lanjut lagi, akhirnya kami sampai di Nattakan bus station yang dekat dengan Hang Tep Hotel. Berasa udah panas dingin, takut ketinggalan bus yang akan mengantarkan kami ke bangkok. OH…God….Bersyukur banget bus masih ada di stationnya. Dan memang hanya ada satu bus saat itu. Langsung saja aku turun dari tuk-tuk memastikan apakah benar ini lokasi station Nattakan sambil menyerahkan kode booking bus via bookmebus.com. And that is the right place. Muka kami lumayan tegang saat itu, sepertinya akulah yang paling tegang. Aku bukan orang yang mudah menerima situasi tidak terduga, tapi aku harus belajar untuk menyikapi setiap kondisi tidak terduga.

Untitled

Booking Bus Nattakan Siem Riep – Bangkok

Akhirnya kami bisa duduk dengan tenang didalam bus, melanjutkan sisa liburan di bangkok. Jam 08.00 AM tepat berangkat dari siem riep. Aku lupa berapa lama hingga kami mencapai perbatasan poipet, tapi kurang lebih sekitar 3 jam. Tapi Service Mekong ekspress aku rasa better dibandingkan Nattakan bus (Selain tip 3 USD saat di perbatasan vietnam – Kamboja yaaa hehehhe). Saat mencapai perbatasan kami benar-benar dilepas. Kami mengikuti alur dengan mengikuti orang yang satu bus dengan kami, karena kurangnya petunjuk. Bangunan imigrasi di poipet sedehana, di dalamnya petugas melayani dari dalam loket (seperti loket penjualan karcis). Setelah mendapat cap keluar dari kamboja kami jalan ke gedung imigrasi Thailand. Kondisi cuaca saat itu panas menyengat. Kami memasuki gedung tersebut, mengambil kartu kedatangan.Kemudian berjalan mengikuti arah kebangunan selanjutnya. Disana sudah mengular antrian. Kami mengisi kartu kedatangan sambil berdiri, menggendong tas yang mungkin sudah hampir 10 kg.Pegal. Akhirnya tas aku turunkan didepanku sambil sesekali dingkat saat antrian didepanku maju.

Tidak ada masalah saat kami menyeberangi perbatasan ini. Tapi kami cukup memakan waktu lebih dari 1 jam juga karena ada masalah dengan salah satu peserta bus yang berasal dari cina karena visa nya. Huffft…. Kami berjalan kembali pukul 12 lewat… Satu jam kemudian kami berhenti di suatu pom bensin. Disana kami di beri makan siang nasi goreng dan air mineral. Di area pom bensin itu juga tersedia Seven Eleven. Kami hanya membeli air mineral disana (Sambil ngerasain jual beli pake Baht hahahahhaahahahaa).

Jam 16.00 kami baru sampai di Mo chit Bus station. Kami berjalan ke pangkalan bus umum yang akan membawa kami ke Khaosan Road. Beruntungnya, tanpa paket internet, Maps di Hp samsung A3 ku bisa digunakan. Ya meskipun tidak bisa menunjukkan arah. Apps Maps nya hanya bisa menunjukkan lokasi aku saat itu dan nama-nama area dan jalan yang ada di bangkok. Oh… Good lah…. masih ada yang bisa menunjukkan arah kepada kami. Sesampai di terminal bus dalam kota, kami segera menuju ke loket. Yudi menanyakan kepada petugas, mana bus yang akan membawa kami kearea khaosan road. Yaitu Bus dengan no 03 lah yang akan membawa kami dari Mo chit Bus Station ke Khaosan Road. Suasana jalan saat itu lumayan macet. Banyak lampu merah juga. Untuk ukuran busnya lebih besar dari metromini,dan sepertinya pengelolaanya dilakukan dengan baik. Bahkan sudah memiliki sertifikat ISO 14001 (Tulisannya sih gitu dari dari bagian kaca depan bus).

Kami sampai di penginapan sekitar jam 18.00 pm. Tapi kondisi jam 06.00 disana masih terang. Yah bisa dikatakan kayak jam 6 sorenya di Indonesia paling barat . Jadi gimana kami memutuskan dimana kami harus turun bus? Yang pertama jangan lupa ingatkan kondekturnya jika kita ingin turun di Khaosan Road. Memang mereka nggak semua bisa Bahasa Inggris. Tapi tekankan saja dimana lokasi yang mau kita tuju sambil tersenyum. Mereka bantu kok (Ini subjektif dari hasil selama naik kendaraan umum di bangkok). Oiya harga sekali naik bus 6,5 TBH (Sekitar Rp 2.740). Murah banget kan???. Yang kedua cek selalu lokasi kita di Maps. Apakah arah atau rute bus sesuai lokasi yang kita tuju?.

Selama di Bangkok kami menginap di Penginapan “Amazing House”. Harga permalamnya adalah Rp 125.000/kamar untuk 2 orang. Ukuran kamarnya 3mx3m. Fasilitas Bed 2 buah, kipas angin gantung, meja, dan hanger untuk handuk, handuk, kamar mandi luar yang sudah disediakan sampo dan sabun. Jangan harap untuk bisa ngomong keras-keras didalam kamar. Udah bisa dipastikan suaramu bakal terdengar tetangga kamarmu. Aku kurang merekomendasikan karena dikamar sangat gerah meskipun sudah menggunakan kipas angin. Tapi untuk sekelas backpacker ya nggak papa lah. Untuk ukuran kamar mandi lumayan terjaga kebersihannya, tapi ada sedik lack bocor disalah satu atap kamar mandi.  

Malam pertama di bangkok selesai mandi dan bersiap, kami memutuskan pergi ke Khaosan Road. Untuk menuju Khaosan Road dari penginapan kurang lebih jalan 10-15 menitan. Di jalan Khaosan Road emang surganya Bar, Kuliner, Pub, etc.

Sepanjang jalan Khaosan Road, cafe, Pub, Kuliner jalanan lengkap. Sampai kami bingung mau makan apa. Ujung ke ujung. Balik lagi keujungnya. Ada beberapa sih yang seafood, tapi mereka juga jual pork. Dan finally do you know what we choose????? hahahahaha. KFC. Aku lupa menu apa yang aku pesan. Yang aku ingat harganya 89 THB (Rp 33.820 saat itu). Setelah itu kami kembali kepenginapan karena waktu sudah lebih dari jam 22.00 malam dan lelahnya perjalanan dari siem riep pagi itu. Ok inilah hari pertama kami. Yukkkk cus bobok… Hayati Lelah Bang……wakakakakakkaka

Duh…. kayaknya post ini udah panjang aja. Next hari kedua di Bangkok di Next post yaaa….

Oiya buat penutup… ada satu nama penginapan di Khaosan Road yang buat orang berpikir ngeres…. nih cekidottttt

IMG_4203.JPG

GUESTHOUSE “KAWIN PLACE”…. Oh God!!!!!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s