Backpacker Kamboja – Siem Reap

Hari ke-4   —– 4 mei 2016

Pagi hari ke 4 di ho chi minh, kami sudah harus siap jam 06.00 am. Kenapa..? Karena bus yang akan membawa kami dari ho chi minh melintas ke kamboja berangkat jam 07.00 am dan kami harus check in jam 06.30 am. Packing kami lakukan malam hari agar paginya kami tidak terburu-buru. Tiket bus seharga 28 USD dibeli yudi di distrik 1. Pada agen travel yang sama saat kami mengikuti trip delta mekong, yaitu The Sun Tourist. Semua berjalan lancar sampai kami tiba di agen travel tersebut. Namun rupanya, data kami tidak tersimpan di komputer mereka untuk pemberangkatan pagi itu…. karena kami telah memiliki bukti bayar, mereka tetap mengusahakan dengan memindahkan kami ke agen travel lain tanpa memberi tahu kami. Mereka hanya bilang, “follow me”. Make me disappointed. Huffffft…..


Kami berjalan kurang lebih 5-10 menitan mencapai travel lain itu. Ini penampakan travel pindahan kami. Tidak disangka, kami bertemu dua orang indonesia di travel itu. Mereka hanya transit di ho chi minh dari Hanoi untuk menuju Seam Reap.

Hal yang membuat aku kagum di ho chi minh, mereka(agen travel) on time dan kualitas kecepatan wifi good dibandingkan indonesia. Free wifi nya kenceng. Mantaafffff (pake jempol)

Hari itu kami berangkat on time jam 07.00 am. Kami menggunakan bus mekong ekspress, di dalam bus hanya ada sekitar 15 orang saja (padahal kuota bus bisa mencapai 30 orang lebih), tidak terlalu penuh dan tidak ramai. Fasilitas yang kami dapat di bus ada snack, air minum 600 mL, tissu basah, dan wifi (kami baru bisa menggunakannya setelah melewati imigrasi kamboja). Perjalanan menuju imigrasi kamboja memakan waktu waktu sekitar 3 jam.. Saat di imigrasi, kondekturnya memberi tahu agar menyerahkan passport kami pada mereka dan meminta kami mengeluarkan 3 USD untuk proses imigrasi. Sebenarnya melewati imigrasi tidaklah dikenakan biaya. Tapi tak tahu kenapa dia meminta 3 USD itu…. Tapi kalo menurut yudi itu semacam untuk “…..” dikeimigrasian agar proses imigrasi cepat. Dan benar kantor imigrasi yang kita masuki kecil dan sepi, sidik jari, nggak sampai 2 menit DONE.  Jadi total waktu yang kami habiskan di perbatasan nggak lebih dari 1/2 jam…

Setelah itu kami menaiki kembali bus, kami akan melanjutkan perjalanan menuju phnom penh terlebih dahulu. Menuju Phnom Penh pemandangan yang kami dapati seperti di pinggiran-pinggiran kota indonesia, anak sekolah membawa tasnya dan menaiki sepeda ke sekolah atau berjalan kaki. Tapi sedikit mirisnya ada beberapa yang tidak menggunakan alas kaki.

Kami mencapai phnom penh sekitar jam 14.00 pm. Banyak pagoda-pagoda yang kami lewati, pasar tradisional, patung-patung……namun sayangnya lokasi berhentinya bus (pool) kami jauh dari itu semua… Jam 14.30 pm kami melanjutkan perjalanan ke  Siem Reap. Selama di Siem Riep kami menginap di Hak’s House. Kami telah membooking penginapan ini hampir 1-2 bulan sebelum kami pergi kesini melalui agoda Lihat disini dengan harga IDR 106.590/malam untuk 2 orang. Untuk harga backpacker bersahabat. Fasilitas penginapan/hotel seperti Free wifi, free breakfast, Kamar mandi dalam, Kipas angin, fasilitas jemputan. Awalnya worthed saat masuk penginapan ini. Tapi sempat listrik mati sampai hampir 5 jam an….panas gila pokoknya. Asal kamu tau, aku dan santya sempat mencuci pakaian, ngejemur di dalam kamar, dan itu kering,,,,,,,”aku nggak bohong”. Tapi pemilik penginapan good, ramah. Memasuki penginapan kita disarankan melepas alas kaki.

Kami sampai di Terminal bus mekong ekspress sekitar jam 19.30 pm. Sudah banyak pengendara TukTuk disitu. Kami keluar dari bus sedikit celingak celinguk, kenapa?karena kami belum tau bagaimana harus menuju penginapan. Untungnya wifi bus masih menyala untuk kami mengirimkan pesan email kepada pemilik penginapan karena kami sudah sampai di Siem Reap. Dan good point dari Hak’s House, pemiliknya langsung respon. Dan kami mungkin cukup menunggu nearly 15 menitan. Kami sampai dipenginapan sekitar jam 20.00 pm. Mandi. Berbaring sebentar dan lanjut menuju Angkor Night Market.

IMG_3933

I just Have this picture about Angkor Night Market

Angkor Night Market jika di Bangkok seperti Khaosan Road, Tempat makan, souvenir, Pub, tempat pijat kumpul jadi satu disini. Setelah memutari beberapa tempat souvenir dan bingung mau makan apa. akhirnya kami putuskan makan di tempat makan india.  Kami menghabiskan sekitar 10,5 USD untuk 3 piring nasi goreng (porsi jumbo lohh). Tapi dasar memang lidah indonesia banget akunya, tetap nggak bisa cocok dengan makanan india.

Ini nih lokasi makan rumah makan india. Aku sendiri lupa nama tempat makannya. Untuk makan disini free air minum. hahahha….. jadi setiap air di gelas kita habis, waitress langsung mengisinya hingga penuh..

Untitled

Peta rumah makan india dari Hak’s House

Pulang dari makan malam kami memesan Tuk tuk untuk mengantarkan kami ke angkor wat esok hari jam 4.30 pagi. Kami memesan dari pemilik penginapan dan untuk biaya Tuktuk adalah 16 USD hingga jam 14.00 pm. Tidur, bersiap untuk pengalaman baru esok pagi.

Hari Ke-5  —– 5 mei 2016

Jam 04.30 kami sudah siap untuk memulai petualangan kami. Waaaooooo….greget dan nggak pengen backpacker kami cepat selesai. Kami menunggu Tuk-Tuk di depan penginapan. 10 menit berlalu namun tuktuk belum juga datang. Hingga salah satu pengurus penginapan membantu menelponkan pengemudi tuktuk. ohhh….how good he is. Akhirnya bapak tuktuk datang. Bapak tuktuk yang sama dengan yang menjemput kami di pool bus mekong ekspress.

Kami menuju ke angkor wat. You know…. that is one of UNESCO’s world heritage. Salah satu warisan Dunia. Dan aku akan melihat langsung dengan mataku bahkan menyentuhnya. Sebelum memasuki angkor wat, kami membeli tiket masuknya dulu seharga 20 USD/orang. Mahal Ya?????

Setelah mendapatkan tiket, kami bergegas tidak mau ketinggalan menyaksikan sunrise di angkor wat. Sunrise di angkor wat merupakan salah satu hal yang paling banyak ditunggu-tunggu oleh wisatawan. And you know, banyak wisatawan indonesia saat kami disini. Yup… karena kami memang sedang di Asia Tenggara.

This slideshow requires JavaScript.

Setelah hampir 1/2 jam lebih menunggu sunrise, kami lanjut memasuki angkor wat. Buat view foto disini bagus banget

This slideshow requires JavaScript.

Hampir satu jam kami dilokasi ini. Kemudian kami berjalan menuju parkir tuktuk. Kepala kita celingukan mencari bapak tuk-tuk. Tapi bapak tuk-tuknya memang ajaib. menemukan kita terlebih dahulu diantara banyaknya orang diarea itu. Waktu mungkin sudah menunjukkan jam 07.00 an pagi. Setelah itu kami diantarkan kebangunan lainnya. Kawasan angkor wat ini saaaangat luas…luas…. kami melanjutkan ke bangunan lain di area angkor wat.

This slideshow requires JavaScript.

After this,  lelah jalan… padahal waktu masih menunjukkan jam 10.00 pagi. Kami memutuskan untuk mengunjungi satu bangunan lagi. Lokasi syuting Tomb Rider. Jujur aku belum pernah menonton film ini sampai sekarang. Tidak tau siapa aktor yang memerankan dan bagaimana plot ceritanya.

This slideshow requires JavaScript.

 

Setelah selesai mengelilingi Ta Prohm, kami putuskan untuk pulang kepenginapan, makan siang dan istirahat. Sudah lelah kaki hayati abang…hahahhahah

Kami meminta bapak tuktuk untuk mengantarkan kami ke rumah makan halal. Kami diantarkan ke rumah makan malaysia. Bapak tuktuk kami ajak makan siang bersama, namun bapak tuktuk tidak mau. Alhamdulillah….makanannya lebih recommended buat lidah kami yang orang asia tenggara. Cucok. lokasi juga tidak begitu jauh dari penginapan. Nama tempat makan ini adaah Family muslim kitchen. Bahkan pelayannya menggunakan bahasa melayu. oooh good….. Untuk harga bersahabat untuk backpacker asal pintar pilih menu. Ini nih tempat makannya (sumber dari foursquare)

Setelah makan siang disini, kami melanjutkan pulang ke penginapan. Tidur siang. Dan melanjutkan mencari oleh-oleh malam harinya. Setelah magrib kami kembali ke angkor wat night market. dan kembali makan malam di Family muslim kitchen. Banyak pedagang yang mengira kami adalah orang kamboja..hahaha… disini kami mendapatkan kaos seharga 2 USD/buah. murah yaaa….

Setelah mendapatkan oleh-oleh…kami kembali pulang ke penginapan. Tidur. Persiapan perjalanan esok ke Bangkok.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s