Backpacker Ho chi Minh City – Vietnam PART 2

Hari ke-3

Hari kedua di ho chi minh kami habiskan untuk mengikuti trip delta mekong. Trip ini mulai sekitar jam 08.00 am dari The Sun Tourist dan berakhir sekitar jam 16.00 – 17.00 pm. Perjalanan trip delta mekong ini cukup lama, hampir 2 jam perjalanan darat. Di bus kami ada turis dari korea, china, Brunei (yang jadi partner makan semeja karena kami menolak makan Ham/Pig/Pork). Fasilitas bus yang kami dapat : air minum, tissu basah, pemandu yang lancar berbahasa inggris, dan makan siang.

Sebelum sampai tempat tujuan, kami melewati jembatan yang cukup panjang. Jembatannya seperti jembatan suramadu. Setelah melewati jembatan, jarak beberapa meter dari jembatan bus kami menepi. Kami disambut dengan seperti suatu keluarga yang berjualan topi. Kalo di indonesia jenis Topi itu adalah topi capil yang biasa dipakai petani ke sawah. Untuk kamar mandi juga tersedia disini, tapi menurutku cukup kotor sampai saat pulang aku harus menahan buang air kecil karena tidak tahan melihat tempatnya.

Dari tempat parkir bus, kami berjalan kaki melewati seperti kebun. Pemandu menceritakan kepada kami beberapa jenis pohon, seperti pohon kelapa, pohon jambu, dll. Waktu kami berjalan mengikuti tour itu, kami merasa “sama kayak indonesia ya” yaiyalah kita kan serumpun. But yang membuat aku takjub, mereka bisa mengemas tour yang biasa ini jadi berbeda. Kami mengelilingi lokasi pembuatan rice paper, pembuatan permen dari kelapa, es krim kelapa, lokasi penjualan suvenir dari bahan pohon kelapa…and you know, kalo nyari suvenir itu di jogja bejibun banget.

Setelah itu kami menikmati makan siang. Saat kami sampai, yang disajikan di meja berupa ikan yang digoreng dan beberapa perlengkapan seperti rice paper, Mie bihun, lalapan daun, dan timun. Bahan-bahan itu digunakan untuk membuat fish roll. Sedangkan untuk makan siang, kami disediakan ikan dikecapin, nasi, dan sayur tumis kangkung.

Setelah makan siang, kami diajak menaiki sampan melihat rumah-rumah apung di delta mekong. Melihat kelapa-kelapa yang tumbuh diair. Naik Sampan (hati-hati scam masalah uang tip hahaha, uang tip untuk pendayung itu seiklasnya saja), Setelah selesai naik sampan kami sudah di tunggu oleh kapal kami di bagian ujung. Kami kembali naik sampan dan diarahkan menuju lokasi selanjutnya yaitu lokasi pembuatan sumpit, dan pembuatan madu. Kemudian kami diajak menikmati musik tradisional dan lagu tradisional dengan dihidangi teh vietnam yang dicampur dengan madu. Lalu menaiki delman (gratis) menuju suatu lokasi suvenir kembali. Yuupppp trip berakhir disini.

This slideshow requires JavaScript.

Kami kembali ke distrik 1 ho Chi minh city, Kami melanjutkan perjalanan kami dengan berjalan kaki menuju Kem Bach Dang. Kata yudi sih…ini es krim paling terkenal di ho chi minh dan paling enak. Untuk harga lumayan mahal untuk kelas backpacker.

Selesai kami menikmati es cream kami lanjutkan pulang ke apartemen yudi menggunakan bus. Kami kembali berhenti di area Vincom Mall. Santya butuh membeli sendal jepit, sedang aku memborong beberapa masker wajah hehe…Sebenarnya hari terakhir disana ingin mencoba makanan yang sering dimakan yudi “KemGa” semacam nasi sama ayam gitu. Tapi akhirnya kami memutuskan makan KFC saja. Beruntung ada paket nasinya hahahaha. Oiya satu lagi…kalo diindonesia makan KFC ya cukup pakai tangan, sendok dikasih jika makan dengan menggunakan kuah sup. Kalo di Ho chi minh beda, makan nasi ayam kami diberi sendok juga hahahahaha

20160503_203209

Malam terakhir di Ho chi minh kami habiskan dengan kembali ke apartemen, bertemu dengan teman-teman satu apartemen yudi, Throung dan Dwi (ga tau nulis namanya tapi mereka dipanggil seperti itu). Sleep. Nyiapkan tenaga untuk perjalanan esok Ke Kamboja.