(Plan) Backpacker 3 negara Vietnam – kamboja – Thailand

Rencana backpacker ke tiga negara ini sudah ada sejak tahun 2015 lalu…hahaha…  Beli tiket berangkatnya aja udah sejak november 2015 untuk penerbangan Jakarta – Singapore (tiger air) biar harus jadi..haha.

Ini adalah kedua kalinya aku backpacker ke luar negeri. April tahun lalu hanya ke singapore aja, itupun hanya 2 hari 1 malam via batam, jadi belum bener-bener eksplore negeri singa itu. Kalo tahun lalu backpacker hanya berdua dengan yudi (alhamdulillah dapet ijin ortu wakakakakka), untuk tahun ini selain bareng yudi, dilengakapi dengan sahabat-sahabat Santia dan Yono hahahaha.

Vietnam, Kamboja, Bangkok???

Kenapa kami pilih tiga negara itu?

  • Pertama Yudi sedang kerja di Vietnam (Tepatnya di Ho Chi Minh city)
  • Kedua Ketiga negara itu berdekatan satu sama lain
  • Ketiga Nggak Perlu Visa buat memasuki ketiga negara itu
  • Keempat Budgednya hanya bisa untuk tiga negara itu

Berapa Lama??

Nah…ini nih yang masalah banget. Dimana kondisi sekarang beda sama waktu kuliah. Saat kuliah, waktu ada tapi nggak ada duitnya. Saat kerja, duit ada tapi nggak ada waktu. ehhh… duit ada juga karena saving ya. Need more job nih.. Berhubung awal mei 2016 banyak tanggal merah, makanya dari tahun lalu hal pertama ngerencanain ini adalah KAPAN WAKTUNYA BACKPACKER?. Intinya nentuin waktunya dulu. Alhamdulillah di ridhoin negara. Kami dikasih hari libur banyak wakakakaka

kalender libur nasional 2016

Long free day in May 2016

Akunya sih masih belum ambil cuti sampai saat ini. Semoga nggak ada bentrok sama jadwal apapun ya. AMiiiin yang dalam dan panjang. Semoga bisa disetujuin sama bos di kantor untuk pengambilan cuti 3 harinya.

Beli Tiket

Nah…ini salah satu point penting. Hal yang paling menentukan kamu serius mau backpacker atau tidak. Bisa dibilang transportasi itu memakan 15-30% dari total budged. Makanya nih, setelah tau jadwal kapan mau backpacker, langsung dipesan tiket perginya. Selain itu pemesanan jauh-jauh hari itu lebih murah. Untuk pemesanan Jakarta – Ho chi minh via Singapore di bulan november 2015 menggunakan tiket.com Rp. 2.104.923/3 orang atau Rp 701.641/0rang Tanpa Bagasi. Jika kita cek saat ini Rp 1.365.904/0rang Tanpa Bagasi dengan penerbangan yang sama. WOOOOWWW banget kan.

Untuk tiket pulang Bangkok-Jakarta karena menunggu ada promo, tiket baru dibeli Bulan Februari 2016 menggunakan TigerAir lagi Rp. 2.977.683/3 orang dengan tambahan membeli bagasi 15 Kg untuk kami bertiga atau Rp 992.561/0rang. Kalo baru beli saat ini harga tiket saat pulang dari Bangkok-Jakarta Rp 1.984.840/orang tanpa bagasi.

Pembelian bagasi saat pulang ke Indonesia karena kami khawatirkan tas kami lebih dari 7 kg karena oleh2 dan belanjaan hasil shopping hahahahahaha…

“Alhamdulillah tiket PP udah didapat. Tinggal beli tiket bus Ho chi minh – Kamboja – Bangkok”… we are depend on you Yudi…..

Susun Ittenary

Ini nih yang wajiib. Searching ke semua website/blog orang yang pernah backpacker ke sana. Kepo masalah biaya. Tunggu dulu, apa sih gunanya disusun ittenary, jadwal dan rundown??? Satu biar tujuan tercapai. Dua biar ga ada ittenary yang terlewat. Tiga biar ga overbudged.

Ini nih hasil diskusi kami, Ittenary dan jadwal selama backpacker 1-8 mei 2016 Ho Chi minh (Vietnam) – Siem Reap (Kamboja) – Bangkok (Thailand)

Jakarta – Singapore

Day 1

  • 05:00 – 05:30 Angkot dari kos ke rawamangun
  • 05:30 – 07:00 Damri Rawamangun – Cengkareng
  • 09:45 – 12:40 Pesawat Jkt – Singapore
  • 12:40 – 18.00 Daftar free singapore Tour di terminala 2 atau 3 dan keliling bandara
  • 18:00 – 20:30 Free singapore Tour (night life)
  • 20:30 – 03:00 Istirahat
  • 03:00 – 04:00 Persiapan
  • 04:00 – 07:00 Check in Bandara
  • 07:05 – 08:15 Pesawat Singapore – Saigon

Ho chi minh (Vietnam)

Day 2

  • 08:15 – 10:00Perjalanan ke kos yudi
  • 10:00 – 12:00 Bersih diri & Brunch
  • 12:00 – 12:30 Persiapan eksplore Ho chi minh
  • 12:30 – 13:45 Perjalanan ke distrik 1
  • 13:45 – 14:15 War Remnant Museum
  • 14:15 – 14:45 Independence Palace/reunification
  • 14:45 – 15:15 Notre Dame Catherdral
  • 15:15 – 15:45 Kantor Pos Pusat
  • 15:45 – 16:00 perjalanan ke opera House
  • 16:00 – 16:20 Di Opera House
  • 16:20 – 16:30 Perjalanan Ke Mosque
  • 16:30 – 17:00 Sholat Ashar dan Istirahat
  • 17:00 – 17:15 Perjalanan ke Ben Thanh Market
  • 17:15 – 18:30 Ben Thanh Market “Shopping”
  • 18:30 – 18:45 Cari Makan malam halal “pho”
  • 19:30 – 20:30 Menikmati keindahan malam ho chi minh
  • 20:30 – 21:30 Perjalanan kembali ke kos
  • 21:30 – 23:00 Bersih diri dan ngobrol ngalur ngidul
  • 23:00 – 05:00 Tidur

Day 3

  • 05:00 – 06:00 Masak, mandi
  • 06:00 – 06:30 sarapan
  • 06:45 – 08:00 Perjalanan ke city tour
  • 08:00 – 08:30 spare time
  • 08:30 – 17:00 Trip Delta Mekong
  • 17:00 – 20:00 Ngopi-ngopi cantik di ho chi minh
  • 20:00 – 21:00 Perjalanan pulang ke Apartemen yudi
  • 21:00 – 03:30 Istirahat, Packing

Day 4

  • 05:30 – 06:30 Ke bus menuju Kamboja
  • 06:30 – 07:00 Spare time
  • 07:00 – 21:00 Perjalanan menuju Angkor Wat

Phnompenh – Siam Reap (Kamboja)

  • 21:00 -04:30 Dipenginapan

Day 5

  • 04:30 – 17:00 Angkor Wat
  • 17:00 – 02:00 makan malam, old night market, Istirahat di penginapan

Bangkok – Thailand

Day 6

  • 02:00 – 11:00 Perjalanan ke Bangkok
  • 11:00 – 13:00 check in penginapan, brunch & titip tas di area Kao San Road
  • 13:00 -13.30 perjalanan ke grand palace (20 mnt)
  • 13:30 – 15:00 Grand Palace
  • 15:00 – 16:00 Wat Pho (Patung Budha tidur)
  • 16:00 – 17:30 Wat Arun
  • 17:30 – 20:00 Perjalanan ke penginapan, dinner
  • 20:00 – 08:00 Istirahat di penginapan

Day 7

  • 07:00 – 08:30 Jalan2 di sekitaran penginapan; breakfast;check out
  • 08:00 – 10:00 Perjalanan ke madam tussaud
  • 10:00 – 13:30 explore madam tussaud
  • 13:30 – 16:00 Wisata belanja dan kuliner

Ittenary ini belum lengkap ya guys. Kegiatan sampai di bangkok masih belum fix. Yang fix baru sampai Siem Riep. Sekarang masih penyusunan buat ittenary backpacker Bangkok. Ok… aku bakal update plan ini lagi menjelang 35 hari H. Dan 5 hari kedepan insyaallah jadwal Fix. Hahahahahahaha

Budged

budged kasarannya seperti ini:

  1. day 1 =  Rp  878.808
  2. day 2 = Rp 362.000
  3. day 3 = Rp 134.000
  4. day 3 = Rp 464.000
  5. day 4 = Rp 664.000
  6. day 5 = Rp 679.000
  7. day 6 = Rp 740.000
  8. day 7 = belum fix
  9. day 8 = belum fix

Jadi kasaran budged yang dibutuhin tanpa hari ketujuh dan hari kedelapan dengan include tiket bangkok -Jakarta adalah Rp. 4.914.369. Lumayan juga ya. semoga kami masih bisa spare atau minimize pengeluaran lagi.

Untuk detail atau rincian budged kalo itenary udah fix baru di update lagi disini.

No Happy holiday but selamat Istirahat untuk Bekerja esok hari. Fighting

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s